Pembekalan dan Pelepasan Peserta Praktik Administrasi Negara (PAN)

(15/07) Pembekalan dan pelepasan mahasiswa Praktek Administrasi Negara (PAN) yang diselenggarakan HMJ-AN (Himanisra) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tidar dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 juli 2017 pukul 16.00 WIB. Acara yang diresmikan oleh Dr.Samodra Wibawa, M.Sc selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan dihadiri oleh dosen FISIP dan mahasiswa semester 6 Ilmu Administrasi Negara, FISIP Universitas Tidar.

Praktek Administarsi Negara( PAN) sebagai wadah bagi mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan di dunia kerja. Selain  belajar di bangku kuliah, ternyata FISIP Universitas Tidar juga memberikan fasilitas bagi mahasiswanya untuk mengembangkan diri menimba ilmu secara langsung di dunia kerja. Pemberian bekal pembelajaran seperti kerjasama dengan mitra kerja, melaksanakan perintah pimpinan, problem solving, dll yang perlu dimiliki mahsiwa sebelum terjun ke dunia kerja.

PAN dilaksankan oleh mahasiswa FISIP semester enam dibawah tanggung jawab wakil dekan satu bidang akademik dan kemahasiwaaan dan  Bapak Sholihul Hakim selaku ketua gugus kemahasiswa FISIP sebagai panjang tangan dari wakil dekan satu. “ Disini saya selaku panjang tangan dari wakil dekan satu yang bertanggung jawab atas pelaksanaan PAN yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa semester enam  berdasarkan muatan kurikulum administrasi negara FISIP”, ujar ketua gugus kemahasiswaan FISIP. PAN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini, menjadi agenda tahunan yang wajib di tempuh mahasiswa di tahun selanjutnya.

Dr. Samodra Wibawa, M.Sc Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sedang memberi sambutan dalam acara Pembekalan dan Pelepasan Peserta Praktik Administrasi NegaraDr. Samodra Wibawa, M.Sc Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sedang memberi sambutan dalam acara Pembekalan dan Pelepasan Peserta Praktik Administrasi Negara

Mahasiswa semester enam yang ditargetkan mengikuti PAN selama satu bulan di instansi yang telah dipilih. Dalam acara pelepasan dan pembekalan ini, dilakukan proses penyematan kepada mahasiwa dan pembekalan pengetahuan dan etika saat magang di kantor atau instansi. “Dalam pembekalan sebelum magang diberikan tata cara pekerja dan sikap saat magang di kantor atau instansi terkait, seperti kerja sama , etika tutur kata dengan pimpinan, dan banyak lagi”, jelas Arif selaku mahasiswa magang semester enam.

Sebelum diterjunkan untuk pemagangan, mahasiswa telah menyiapkan berbagi hal seperti propoosal dan perizinan magang jauh-jauh hari sebalumnya. Mahasiswa yang terbentuk secara kelompok dan didampingi oleh satu dosen yang melakukan pemantauan serta pendampingan kelompok selama persiapan dan pelaksanaan pemagangan.” Pendampingan mahasiswa dilakukan untuk mengawal dan membimbing serta membantu mahasiswa dalam proses pemagangan, disini saya tekankan kepada mahasiswa saya untuk beretika santun dan baik, serta dalam PAN ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalam sebagai pekerja yang beretika dan terampil”, ujar Wahyu Prabowo selaku dosen pendamping mahasiswa magang.

Dengan acara PAN sebagai salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa semester 6 diharapkan mahasiswa mampu menjadi kader akademisi yang berkualitas dan berpengalaman di dunia kerja. Dengan praktek secara langsung sebagai pegawai diharapkan mahasiswa dapat memetik pengetahuan dan pengalaman menjadi pekerja yang kompetensi dan berpenglaman serta berkualitas unggulan. (Sr.H)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*