Pengabdian Masyarakat Mengenai Optimalisasi Pendampingan Anak Di Desa Sidowangi, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

0
31

[FISIP – 08/08/2018] – Selasa, 07 Agustus 2018, sebanyak 5 dosen FISIP telah melakukan pengabdian masyarakat bertempat di Desa Sidowangi, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Pengabdian bertajuk “Pendampingan Anak di Era Digital” ini bertujuan untuk meningkatkan SDM ibu – ibu PKK di kawasan desa tersebut sebagai upaya untuk senantiasa mendampingi anak – anak mereka dalam mengonsumsi media serta dalam kegiatan kesehariannya. Jaduk Gilang Pembayun, M.I.Kom, dosen Ilmu Komunikasi yang juga merupakan salah satu tim pengabdian kepada masyarakat, mengungkapan beberapa alasan pemilihan desa Sidowangi sebagai sasaran pengabdian kepada masyarakat. “Desa Sidowangi merupakan salah satu desa yang memiliki populasi anak tertinggi diantara desa lain di kecamatan Kajoran” ungkap Jaduk Gilang Pembayun, M.I.Kom.

Dalam penyuluhan tersebut terdapat berbagai macam materi yang disampaikan oleh dosen Ilmu Komunikasi, Hukum, serta Pancasila. Materi mengenai pengembangan kepribadian diri dan wawasan kebangsaan disampaikan oleh Sukron Mazid, M.Pd. menekankan kepada aspek kompetensi diri dalam diri remaja. Kemudian ditambahkan oleh Jaduk Gilang Pembayun, M.I.Kom. dan Lintang Citra Christiani, M.I.Kom. mengenai pendampingan anak dalam mengonsumsi media, baik itu elektronik maupun digital. Peraturan mengenai perlindungan anak ditekankan di dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak yang telah disampaikan dengan baik oleh Satrio Ageng Rihardi, M.H. dan Kompetensi mengenai Parenting dalam dunia digital disampaikan oleh Apsari Wahyu Kurnianti, M.A.

a2b62780-fea5-47e8-a0e9-9febd57e7d88

Penyampaian mengenai berbagai materi tersebut disambut baik oleh jajaran petinggi serta anggota PKK Desa Sidowangi. Sri lestari Elisa selaku ketua PKK Desa Sidowangi mengungkapkan, “Kita senang sekali dengan materi – materi pendidikan kognitif seperti ini, masuk ke Pokok Kerja (Pokja) 2 tentang pendidikan dan anak, dan saya mewakili PKK berharap kita bisa selalu bersinergi dengan Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Hukum FISIP UNTIDAR dalam mengembangkan SDM di Desa ini”. Dengan adanya pelatihan yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan SDM di desa Sidowangi mengenai pendampingan anak yang lebih optimal. Tidak dapat dipungkiri bahwa SDM merupakan salah satu kunci yang dibutuhkan demi terwujudnya desa tersebut. (jdk,08/2018)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here