Semarak Dua Tahun HIMANISRA, LKTI SMA/SMK Se- Eks Karesidenan Kedu sebagai Pembuka

Di usia dua tahun himanisra melakukan berbagai gebrakan baru. Sebagai langkah awal himanisra melaksankan lomba karya tulis ilmiah (LKTI). LKTI yang diikuti siswa-siswi  SMA/SMK se-derajat se- Eks Karesidenan Kedu pada tahun 2017. Lomba ini dilaksanakan beberapa tahap, sebelumnya tahap seleksi naskah dan tahap finalisai. Tahap fianlisasi peserta LKTI memaparkan karyanya  untuk menentukan pemenang yang dilaksankan pada 30 september 2017 di ruang kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTIDAR.

LKTI siswa SMA/SMK se-eks karesidenan mengusung tema pengamalan nila-nilai Pancasila sebagai wujud cinta tanah air tahun 2017. ”Dengan persiapan panitai mulai Agustus dari pengiriman tor serta pamflet lomba ke SMA/SMK se-derajat se-eks karesidenan kedu. Melalui cara ini sebagai tombak pengenalan prodi administrasi negara Universitas Tidar ke sejumlah sma/smk se-eks karesidenan serta upaya penguatan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda.”,  ujar ketua panitia LKTI Imam Suseto.

Sesi  pemaparan dari dari SMK PIUS X tang diketuai oleh Anggieta Prihantika Brigita
Sesi pemaparan dari dari SMK PIUS X tang diketuai oleh Anggieta Prihantika Brigita

Acara puncak LKTI  dengan pemaparan hasil karya tulis setiap tim. Pada tahap ini diikuti oleh peserta sejumlah lima tim yang di damping seorang guru setiap timnya. Peserta pada tahap final terdiri dari 3 sekolah yaitu: SMK CITRA MEDIKA dengan 2 timnya yang diketua oleh Yogi Faisal Maris dari kelompok 1 dan kelompok dua yang diketuai Zulkarnia Sofa, SMK PIUS X dengan dua tim yang diketuai oleh Anastasia Meria Rahajeng Utami kelompok satu dan Anggieta Prihantika Brigita sebagai ketua kelompok dua, dan SMA SEMINARI MERTOYUDAN yang diketuai oleh Leo Agung Pamungkas.

Setiap tim diberikan kesempatan memaparkan selama sepuluh menit dan disesi tanya jawab sepuluh menit. Pemenang lomba LKTI kali ini dimenangkan oleh SMK PIUS X tang diketuai oleh Anggieta Prihantika Brigita. Juara satu sampai dengan tiga menerima penghargaan trophi, sertifikat dan uang pembinaan. Sedangkan tim lainnya yang telah masuk sebagai peserta finalis mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

Acara LKTI dengan tujuan pengenalan serta menumbuhkan pemikiran kritis siswa tingkat SMA/SMK se-derajat se- eks Karesidenan Kedu dalam bentuk karya tulis. Dari acara ini dipaparkan harapan serta saran untuk menumbuhkan jiwa Pancasila dalam jiwa pemuda. Sebagai pemuda pelopor bangsa melaui acara ini sebagai bentuk pengabdian mereka mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain acara LKTI dalam rangka semarak dua tahun himanisra juga mempersembahkan acara lain di beberapa waktu dekat ini. (Sr.H)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*