S1 Ilmu Administrasi Negara

Program Studi Administrasi Negara merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar (FISIP-UNTIDAR) . sebelum  menjadi PTN UNTIDAR merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) dengan nama Universitas Tidar Magelang (UTM) yang berdiri tangal 17 Juli 1979 berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah V Nomor 11/1979 yang ditandatangani oleh Drs. Wuryanto. Perubahan status UTM (PTS) menjadi UNTIDAR (PTN) berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pendirian Universitas Tidar yang di tandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Program Studi Administrasi Negara memiliki dosen tetap sebanyak 16 orang berpendidikan terakhir Strata 2 dan dua orang di antaranya bergelar Doktor. Dosen pada Jurusan Ilmu Administrasi Negara berkualifikasi pada bidang kebijakan publik, pelayanan publik serta manajemen pembangunan daerah dan desa. Jurusan Ilmu Administrasi Negara pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik berfokus pada kajian pengelolaan negara yang meliputi kebijakan publik, manajemen pembangunan dan pelayanan publik. Lulusan S1 Ilmu Administrasi Negara FISIPOL UNTIDAR memiliki peluang karir sebagai seorang analis kebijakan, gubernur, bupati, walikota, dan  manajer organisasi publik lainnya. Disamping itu lulusan  S1 Ilmu Administrasi Negara FISIPOL UNTIDAR juga berpeluang berkarir sebagai peneliti/pendidik, jurnalis, wirausahawan,dan politisi.

A. VISI PRODI :

Visi PSIAN Fisip Untidar adalah “Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan studi kebijakan, pembangunan regional dan manajemen publik berbasis riset berlandaskan profesionalisme serta memiliki jiwa kewirausahaan pada Tahun 2020”.

 B. MISI PRODI :

Untuk mewujudkan cita-cita Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar sebagaimana dinyatakan dalam visi program studi maka dirumuskan misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam disiplin Ilmu Administrasi Negara yang mampu mendorong kemandirian dan profesionalitas seluruh civitas akademik yang berbasis pada nilai-nilai: kejujuran, profesionalisme, kerjasama, toleransi, dan kerja keras dalam meraih prestasi terbaik.
  2. Menyelenggarakan penelitian, diskusi, seminar, kajian dan publikasi ilmiah di bidang kebijakan publik, pembangunan regional dan manajemen publik.
  3. Melaksanakan berbagai program pengabdian masyarakat yang berorientasi pada upaya menumbuhkembangkan kesadaran, pemberdayaan dan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan daerahnya masing-masing.
  4. Menjadikan program studi Administrasi Negara sebagai laboratorium studi kebijakan, pembangunan regional dan manajemen publik yang berkomitmen pada pengembangan keilmuan dan rekayasa sosial.
  5. Membangun jejaring kerjasama kelembagaan dengan institusi (pemerintah dan swasta) terkait baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

C. TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul di bidang kebijakan publik, pembangunan regional dan manajemen publik.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis dan mengembangkan alternatif pemecahan masalah-masalah publik serta mampu menganalisis dampak suatu kebijakan bagi masyarakat yang berskala lokal, nasional dan global berdasarkan perspektif keilmuan Administrasi Negara.
  3. Menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, mandiri, serta memiliki daya saing dan profesional di bidang Administrasi Negara.
  4. Menghasilkan karya-karya ilmiah dan hasil-hasil penelitian yang berorientasi pada upaya pemecahan masalah-masalah birokrasi dan masyarakat.
  5. Terciptanya kerjasama antar kelembagaan PSIAN Fisip Untidar dengan kelompok masyarakat untuk secara bersama-sama berperan serta dalam pembangunan daerahnya masing-masing.

Profil atau peran lulusan Jurusan Administrasi Negara, antara lain sebagai berikut:

– Pemimpin/Administrator/Manajer Organisasi Publik diberbagai level

Lulusan Program Studi Administrasi Negara yang bekerja di organisasi publik yang   menguasai konsep yang berhubungan dengan persoalan-persoalan organisasi.

– Analis Kebijakan

Lulusan Program Studi Administrasi Negara yang menguasai konsep-konsep utama,               perspektif teoritis, temuan empiris dan trend historis dalam bidang administrasi negara,         terutama yang berhubungan dengan persoalan-persoalan kebijakan publik.

– Pendidik/staf pengajar dan peneliti

Lulusan administrasi Negara yang menguasai teori administrasi negara dan metodologi

– Pegiat Sosial/Aktivis Sosial

Lulusan Program Studi Administrasi Negara yang memahami nilai-nilai budi pekerti,               keilmuan serta kehidupan berbangsa dan bernegara, mampu melaksanakan komunikasi         yang efektif dan menyusun dinamika kelompok serta mampu menjalin networking.

– Jurnalis

Lulusan Program Studi Administrasi Negara yang memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah publik (sosial)

– Wirausaha

Lulusan Program Studi Administrasi Negara yang memahami konsep kewirausahaan dan mengaplikasikannya ke dalam dunia usaha.

PLT Ketua Jurusan/Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara Joko Tri Nugraha, S.Sos., M.Si.
PLT Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi Negara Dra. Harsi Muji Utami, M.Si.
PLT Kabag TU Drs. Dwi Yogo Joni Purwanto
Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Widayanto Eko Nugroho, S.E.
NO NAMA
1 Dra. Harsi Muji Utami, M.Si.
2 Dra. Sri Mulyani. M.Si
3 Drs. Sujatmiko, M.P.A.
4 Dra. Eny Boedi Orbawati, M.Si.
5 Drs. Hendrarto, M.Si.
6 Dra. Sri Dayati, M.Si., M.P.A.
7 Drs. Koentjoro, M.Si.
8 Joko Tri Nugraha, S.Sos., M.Si.
9 Retno Dewi Pramodia Ahsani, SIP., M.P.A.
10 Sholihul Hakim, S.H., M.H.
11 Wahyu Prabowo, S.H., M.H.
12 Arif Budy Pratama, S.A.P., M.Si
13 Catur Wulandari, S.Sos., M.Si.
14 Rengga Vernanda, M.A., M.Si.