Peningkatan Mutu SDM, FISIP UNTIDAR Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

0
48

Magelang – Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Balai Inggil, Hotel Safira Magelang ini merupakan inisiasi dari Gugus Jurnal Fakultas FISIP Universitas Tidar. Kegiatan berlangsung pada tanggal 15 Agustus 2018 dengan Prof. Dr. Sutikno, S.T, M.T. sebagai pembicara. Kegiatan berjalan dengan sangat lancar dan dihadiri oleh seluruh Dosen beserta Tenaga Pendidik di lingkungan FISIP UNTIDAR.

 Artikel ilmiah merupakan keharusan yang harus dibuat oleh dosen sebagai publikasi hasil penelitian atau kajian teori yang ditulis dosen. Selama ini dosen-dosen muda masih belum terbiasa untuk menulis karya ilmiah yang merupakan salah satu tuntutan kinerja dosen baik dosen yang belum maupun sudah memiliki Jenjang Jabatan Akademik. Tuntutan bagi seorang dosen adalah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah melaksanakan penelitian. Sebagai salah satu bagian penting dari aspek penelitian yaitu karya ilmiah, baik yang diterbitkan dalam Prosiding Seminar Nasional dan Internasional, maupun yang diterbitkan dalam Jurnal Nasional dan Internasional.

Satrio Ageng Trihardi, S.H, M.H selaku ketua panitia workshop berharap melalui kegiatan ini, semua dosen peserta pelatihan memiliki kemampuan untuk menulis karya ilmiah yang berupa artikel yang nantinya dapat dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing yang nantinya bisa dijadikan dalam kenaikan jenjang jabatan akademik atau pangkat kedosenan.

Prof. Dr. Sutikno memberikan kiat – kiat yang berguna sebagai upaya menyusun artikel ilmiah untuk menembus jurnal terakreditasi nasional dan internasional. Seperti penyusunan judul, kerangka pikir, serta beberapa point penting terkait dengan publikasi mencakup invention dan novelty. Luaran dari workshop ini diharapkan para peserta pelatihan mampu menghasilkan draft 50% artikel jurnal nasional maupun internasional (jdk.8.2018).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here