“Build Professional Character With Your Unique Brand”, Rangkaian Awal Commversary 7 Jurusan Ilmu Komunikasi

0

Build Proffesional Character With Your Unique Brand” menjadi Tema Kuliah Umum Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tidar yang merupakan rangkaian awal Acara Ulang Tahun Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tidar yang ke-7 atau yang biasa dikenal dengan nama Commversary.

Berlangsung pada tanggal 20 Februari 2024 di Gedung Kuliah Umum dr. H Soeparsono Universitas Tidar, Jurusan Ilmu Komunikasi menghadirkan beberapa narasumber yang ahli di bidangnya, antara lain Debora Diah Ayu Retno Wulandari, S.I.Kom sebagai Founder dari Weeknd Planner, salah satu event organizer ternama di Kota Magelang; Agit Kurniawan dan Gin Teguh dari Elios Studio, serta Filsafat Ash Shaufi, S.Pd. yang merupakan seorang MC Profesional.

Genap berusia 7 tahun pada tahun 2024 ini, dosen-dosen Jurusan Ilmu Komunikasi sangat bersyukur atas segala pencapaian selama 7 tahun ini. Prodi Ilmu Komunikasi sudah sampai pada usia ke-7 dengan perkembangan yang luar biasa baik dari dalam manajemen jurusan maupun pencapaian-pencapaian prestasi dosen dan mahasiswa yang menjadi kontribusi Jurusan Ilmu Komunikasi pada pencapaian Indeks Kinerja Utama Universitas Tidar.

Sebagai rangkaian awal dari Commversary 7, acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tidar, Anisa Setya Arifina, M.I.Kom. Beliau menyampaikan, “Semoga acara ini bisa menjadi inspirasi bagi seluruh Civitas Akademika Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Tidar untuk terus berkarya dalam rangka pencapaian-pencapian akademik dan non-akademik pada tahun-tahun berikutnya”.

Pada materi pertama oleh Founder Weekend Planner, Debora Diah Ayu Retno Wulandari, S.I.Kom. menyampaikan, “media adalah sarana atau alat, sementara sosial adalah bersosialisasi. Media Sosial difungsikan, diciptakan adalah untuk alat berkomunikasi, berbagi, berinteraksi untuk membentuk ikatan sosial secara virtual. Pada dasarnya media sosial diciptakan untuk bersosialisasi. Angka, like, followers, dan komen hanya sebagai alat ukur buat seberapa efektif konten kita bukan sebagai patokan utama bagus atau tidaknya sebuah akun. Build real interaction adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam bermedia social, untuk diperlukan optimalisasi media sosial dalam membangun sebuah brand”.

Elevating Your Personal Brand merupakan materi kedua yang disampaikan oleh Filsafat Ash Shaufi, S.Pd. Tiga poin penting dijelaskan oleh Filsafat Ash Shaufi, S.Pd. antara lain:

  • Public speaking is a powerful tool for building your personal brand and connecting with your audience;
  • By developing your skills and delivering professional presentations, you can establish yourself as a trusted and credible expert in your field;
  • Start building your personal brand today and take your public speaking to the next level.

Ada banyak hadiah menarik yang sudah disediakan oleh panitia bagi para penanya dengan pertanyaan-pertanyaan terbaik. Semakin siang antusias mahasiswa justru semakin seru dan meriah karena di sesi kedua Kuliah Umum hari ini diawali dengan nonton film bareng. Materi ketiga dengan judul “Camera, Roll, Action!”. Pada sesi ini, mahasiswa mendpatkan banyak insight dari para pembicara secara teknis di lapangan dengan berbagai pengalaman mereka dari proses pembuatan karya-karya film mereka. Semakin lebih meriah lagi saat sudah mendekati akhir acara karena ditutup dengan edukasi performa dari salah satu Brand Skincare Somethinc untuk melengkapi dan menyempurnakan penampilan diri kita dalam membangun sebuah brand. Kegiatan Kuliah Umum berlangsung sejak pagi hingga sore hari dengan keseluruhan rangkaian acara yang sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Penulis : Inka, Editor : Yogga